6 Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia Yang Banyak Diminati Oleh Para Pecinta Mangga

Jenis Buah Mangga Unggulanmajalahbuah.com | Siapa sih yang tidak doyan makan buah mangga? Dari anak kecil hingga orang dewasa selalu tertarik jika ditawari untuk makan mangga. Namun sadarkah kita akan jenis-jenis buah mangga yang biasa kita makan? Tentu setiap jenis mangga memiliki rasa dan ciri khasnya masing-masing. Tidak ada salahnya juga kita mengetahui jenis-jenis tersebut. Nah, apa saja kira-kira? Berikut kumpulan 6 jenis buah mangga unggulan di Indonesia yang banyak diminati oleh para pecinta mangga

Inilah 6 Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia Yang Banyak Diminati Oleh Para Pecinta Mangga

1. Mangga Manalagi
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan - Mangga Manalagi
source image commons.wikimedia.org

Pecinta mangga khususnya yang ada di Indonesia sudah pasti tak asing dengan jenis buah mangga yang satu ini. Ya, mangga manalagi namanya. Buah mangga lokal yang satu ini dikembangkan dan dibudidaya di Jawa Timur, lebih tepatnya di Situbondo. Maka tak heran setiap orang yang berkunjung ke tempat tersebut selalu menyempatkan diri untuk mampir dan mengicipi mangga manalagi yang telah menjadi ciri khas daerah Situbondo.

Bahkan berdasarkan riset penelitian, buah mangga manalagi termasuk dalam salah satu jenis buah mangga yang ada di Indonesia yang paling diminati oleh seluruh penduduknya. Rasanya yang kelewat nikmat membuat jenis mangga yang satu ini tersohor dan dikenal luas di seluruh penjuru Indonesia. Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk masalah rasa, buah mangga jenis manalagi memang juaranya.

Satu hal yang membedakan mangga manalagi dengan mangga jenis lain ialah daging buahnya yang cenderung tebal serta teksturnya yang lebih berserat dibandingkan mangga jenis lain. Perpaduan tersebut membuat mangga manalagi memiliki rasa manis yang pas.

Beberapa pecinta mangga menilai bahwa mangga manalagi terasa seperti perpaduan antara mangga golek dengan mangga arumanis. Berbicara masalah ukuran, mangga manalagi memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dari mangga golek atau mangga pada umumnya.

Baik ketika masih muda atau sudah matang, kulit dari mangga manalagi akan berwarna hijau cerah namun disertai adanya bintik-bintik putih dengan jumlah yang lebih banyak dibanding mangga jenis lain. Buah mangga jenis manalagi ini termasuk jenis mangga yang bisa tahan lama setelah dipetik dari pohonnya.

2. Mangga Arumanis
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia - Mangga Arumanis
source image commons.wikimedia.org

Jenis buah mangga unggulan di Indonesia yang banyak diminati oleh para pecinta mangga yang ke dua ialah mangga arumanis. Tingkat popularitas jenis mangga yang satu ini tak kalah dengan jenis mangga manalagi karena permintaan atas mangga ini tak pernah sepi. Hal ini bisa dilihat dari melonjaknya harga mangga arumanis di pasaran bahkan sebelum musim panen tiba.

Sesuai dengan namanya,mangga arumanis banyak diminati pecinta mangga karena aromanya yang harum dan rasanya yang manis pada saat sudah matang. Tah heran jika mangga arumanis sering juga disebut sebegai jenis buah mangga yang paling enak.

Pohon untuk mangga jenis arumanis sendiri biasanya memiliki daun yang lebat serta mahkota pohon menyerupai kerucut terpotong dengan kisaran diameter 12-14 cm. Untuk daun dari mangga arumanis sendiri biasanya berbentuk lonjong dengan ujung yang sedikit runcing dengan panjang mencapai 45 cm.

Sedangkan untuk bentuk buahnya, mangga arumanis seringkali berbentuk lonjong dengan ujung yang sedikit berparuh dan meruncing. Satu buah mangga arumanis beratnya bisa mencapai 400 hingga 500 gram. Jika sudah matang, kulit buah mangga arumanis berwarna hijau tua dengan sedikit lapisan lilin yang melindungi kulitnya, membuat kulitnya menjadi berwarna sedikit kelabu.

Terdapat warna hijau kekuningan pada pangkal buahnya dan terdapat juga bintik-bintik hijau keputihan pada permukaan kulit secara keseluruhan. Jika sudah matang, mangga arumanis memiliki aroma yang sangat harum dengan buah daging yang tebal dan penuh serat.

Mangga arumanis dapat ditanam di daerah dataran dengan ketinggian dari 600 hingga 1400 meter di atas permukaan laut. Oleh karenanya, mangga jenis ini akan sangat ideal jika ditanam di iklim yang kering karena hama akan lebih mudah menyerang pada iklim basah.

3. Mangga Golek India
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia - Mangga Golek India
source image rumahtanaman.com

Pada dasarnya mangga jenis golek ini dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu mangga golek biasa dan mangga golek india. Yang membuat kedua jenis mangga tersebut berbeda ialah ukurannya.

Mangga golek india memliki ukuran yang jauh lebih besar dari mangga golek lokal karena satu buah mangga golek india bisa mencapai berat hingga 1,5 kilogram. Maka tak heran jika mangga golek india tergolong sebagai salah satu jenis mangga ukuran besar. Buah mangga golek india berbentuk bulat cenderung oval dan sedikit memanjang.

Salah satu faktor yang membuat mangga golek india memiliki ukuran yang besar ialah ketebalan daging buahnya yang melebihi ketebalan daging buah mangga pada umumnya. Tekstur buahnya yang lembut dan tak berserat membuat mangga golek india ini memiliki biji yang sangat tipis dan bentuknya memanjang sesuai dengan bentuk buahnya.

Untuk versi lokalnya sendiri, mangga golek juga termasuk salah satu jenis mangga unggulan yang sering dicari pecinta mangga. Jika dibandingkan dengan mangga lokal lainnya, mangga golek memang tergolong sebagai jenis mangga yang paling besar.

Untuk masalah pembudidayaannya, buah mangga golek lokal sering ditemukan di Indramayu, Probolinggo dan juga Pasuruan. Mangga golek lokal dapat ditanam di daerah dengan iklim basah maupun kering karena bentuknya yang besar membuat mangga jenis ini menjadi lebih fleksibel.

4. Mangga Mahatir
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia - Mangga Mahatir
source image bukalapak.com

Tak hanya mangga lokal, banyak juga mangga dari negeri tetangga yang menjadi primadona di kalangan pecinta mangga di Indonesia. Salah satunya adalah mangga jenis mahatir. Mangga mahatir adalah salah satu produk mangga unggulan yang berasal dari negara tetangga Malaysia, tepatnya di Kinabalu. Mangga asli Malaysia yang satu ini dikenal sebagai produk unggulan karena ukurannya yang jumbo.

Bagaimana tidak, satu buah mangga mahatir yang matang dan siap makan beratnya bisa mencapai 3,5 kilogram. Bentuknya yang khas juga membuat mangga jenis ini tak hanya digemari di Malaysia tapi juga di beberapa negara di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Buah mangga mahatir berbentuk seperti paruh burung dan seragam sehingga buah mangga jenis mahatir lebih mudah untuk diidentifikasi.

Hal lain yang membuat para pecinta mangga mudah untuk mengidentifikasi mangga mahatir ialah daunnya. Jika kita memotong lalu meremas daun mangga mahatir maka daun tersebut akan mengeluarkan aroma sengir atau bau. Aroma tersebutlah yang hanya dimiliki oleh mangga jenis mahatir dan tak dimiliki mangga jenis lainnya.

Mangga mahatir juga memiliki cabang ranting yang cenderung lemas dan tumbuh menguntai ke bawah. Maka dari itu jika berencana untuk menananm mangga jenis mahatir, perlu diatur sedemikian rupa sejak awal agar cabang dan ranting tumbuh ke bawah.

Meskipun tidak dinyatakan sebagai jenis mangga yang paling cepat berbuah, mangga jenis mahatir ini terklasifikasi sebagai jenis mangga genjah; dengan kata lain termasuk sebagai jenis mangga yang termasuk cepat untuk berbuah. Mangga jenis ini biasanya mulai berbuah ketika memasuki usia 3 hingga 4 tahun. Tergolong cukup cepat untuk pertumbuhan buah mangga.

5. Mangga Chokanan
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia - Mangga Chokanan
source image bukalapak.com

Jenis buah mangga unggulan di Indonesia yang banyak diminati oleh para pecinta mangga selanjutnya dan yang kerap menjadi primadona di kalangan pecinta mangga ialah mangga jenis chokanan

Mangga chokanan merupakan salah satu jenis buah mangga Thailand yang digemari tak hanya di sana melainkan juga di Indonesia. Yang membuat mangga chokanan digemari banyak pecinta mangga ialah rasa manisnya yang luar biasa yang akan awet di lidah.

Alasan utamanya adalah karena jenis mangga yang satu ini akan selalu terasa manis untuk dikonsumsi, terlebih saat kondisi matang sempurna. Meski demikian, mangga chokanan juga enak untuk dikonsumsi saat masih muda.

Oleh karenanya, para pecinta mangga di Indonesia lebih kerap menamai mangga jenis ini dengan sebutan mangga madu karena tingkat kemanisannya yang mengalahkan mangga jenis lain. Itulah sebabnya mangga yang satu ini tidak mengandung banyak air maupun serat.

Alasan lain mengapa mangga chokanan banyak diminati oleh para pecinta mangga di Indonesia adalah karakteristik yang dimiliki buah ini.

Mangga chokanan termasuk jenis buah mangga yang bersifat genjah atau cepat berbuah.
Pada umumnya, daging buah mangga chokanan berwarna hijau saat masih muda dan memiliki rasa yang masam. Jika sudah matang, daging mangga chokanan berubah menjadi warna kuning terang dengan rasa manis yang nyaris sempurna.

Oleh karena itulah mangga chokanan lebih sering disebut sebagai mangga madu. Berat satu buah mangga chokanan sekitar 350 hingga 400 gram. Karena bersifat ganjah, mangga chokanan dapat berbuah hingga tiga kali dalam setahun.

6. Mangga Irwin
Gambar Jenis Buah Mangga Unggulan Di Indonesia - Mangga Irwin
source image samudrabibit.com

Jenis buah mangga unggulan di Indonesia yang banyak diminati oleh para pecinta mangga terakhir dan termasuk unggulan juga di negaranya ialah mangga irwin. Mangga yang satu ini berasal dari negeri kanguru, Australia. Faktor pertama yang membuat mangga ini menjadi unggulan di Australia adalah penampilannya yang menarik dan beda dari yang lain.

Mangga irwin yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna ungu. Tak hanya soal penampilan, mangga jenis ini juga memiliki rasa yang cukup unik. Mangga irwin yang sudah matang memiliki perpaduan rasa antara asam dan manis, sehingga memiliki nuansa rasa nano-nano yang tetap lezat untuk dinikmati.

Berbicara tentang bentuknya, mangga irwin memiliki bentuk oval dengan ukuran yang cukup besar. Berat satu buah mangga irwin berkisar antara 600 hingga 800 gram. Semakin matang mangga irwin maka semakin gelap warna ungu yang dimilikinya. Sama halnya dengan kulitnya, daging buah mangga  irwin memiliki warna jingga dan sedikit berair dan memiliki sedikit serat.

Berbicara masalah mangga memang tiada habisnya. Entah masih mudah atau sudah matang, pecinta mangga selalu memiliki caranya sendiri dalam menikmati mangga. Jadi, jenis mangga yang manakah yang belum pernah kalian cicipi?

0 comments