10 Jenis Buah untuk Ibu Menyusui Yang Musti Bunda Ketahui

Jenis Buah untuk Ibu Menyusui, majalahbuah.com | Berbagai jenis buah untuk ibu menyusui sangat penting untuk diperhatikan agar kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan selalu terjaga. Selain sebagai sumber vitamin dan mineral, buah tentunya memiliki kandungan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, berikut adalah jenis-jenis buah yang sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui.

1. Alpukat
Alpukat Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Alpukat dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan asam lemak omega 9. Asam-asam lemak ini dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI serta menjaga kondisi tubuh, seperti menjaga kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi setidaknya dua buah alpukat setiap harinya sebagai salad atau jus untuk hasil yang lebih baik.

2.Apel
Apel Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Apel dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan nutrisi terlengkap. Terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K, fosfor, kalium, kalsium, omega 3, hingga berbagai zat antioksidan lainnya. Maka tidak heran, buah ini tentunya sangat disarankan oleh ibu menyusui untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan.

3.Aprikot
Aprikot Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Mengonsumsi buah aprikot secara teratur sangat disarankan bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan, aprikot merupakan sumber vitamin A, C, kalsium, dan potasium yang penting bagi tubuh. Selain itu, buah yang memiliki kulit berwarna jingga cerah ini juga sangat bermanfaat dalam mengatur hormon produksi ASI pada ibu menyusui dan meningkatkan produksinya karena kandungan fitoestrogennya.

4.Blewah
Blewah Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Blewah memiliki penampilan yang sangat mirip dengan melon, namun memiliki daging buah berwarna jingga kekuningan. Selain dikenal karena kesegarannya ketika dikonsumsi, Blewah memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral esensial yang baik bagi kesehatan tubuh. Tentunya, hal ini juga akan baik bagi ibu menyusui dengan mengonsumsinya sebagai bahan campuran salad maupun jenis makanan penutup lainnya.

5.Blueberry
Blueberry Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Blueberry merupakan salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi selama masa menyusui. Hal ini dikarenakan, Blueberry mengandung beragam nutrisi esensial seperti vitamin A dan K, kalsium, karbohidrat, dan potasium. Selain itu, Blueberry dikenal sebagai antioksidan alami yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai radikal bebas.

6.Jeruk
Jeruk Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Jeruk telah dikenal luas sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik. Selain itu, berbagai nutrisi esensial lainnya yang dikandung dalamnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan. Konsumsi setidaknya 120 mg vitamin C setiap harinya untuk mempertahankan kesehatan tubuh selama masa menyusui.

7.Pepaya Muda
Pepaya Muda Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Dibandingkan dengan jenis pepaya matang yang memiliki rasa manis dan berwarna jingga kemerahan, pepaya mudah memiliki lebih banyak manfaat bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan, pepaya muda mengandung beragam enzim yang sangat penting dalam meningkatkan produksi ASI. Selain itu, papaya muda juga banyak mengandung vitamin esensial, seperti vitamin A, B, C, dan E.

8.Pisang
Pisang Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Untuk meningkatkan asam folat yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas ASI, pengonsumsian pisang secara rutin dapat dilakukan. Seperti yang telah diketahui, pisang juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat membantu mengisi kembali kalori yang hilang setelah menyusui si buah hati.

Baca juga : Jenis Jenis Pisang Yang Enak Untuk Digoreng

9.Sawo
Sawo Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Menyusui merupakan aktivitas yang cukup melelahkan bagi setiap ibu dan tentunya membutuhkan asupan nutrisi untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sawo yang mampu bekerja sebagai suplemen makanan untuk mencegah mual, muntah, dan jatuh pingsan.

10.Stroberi
Stroberi Jenis Buah untuk Ibu Menyusui

Stroberi sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung zat besi yang cukup tinggi serta berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium. Namun bagi ibu yang memiliki reaksi alergi terhadap buah berwarna merah ini, pengonsumsiannya perlu dihindari. Hal ini juga akan berdampak pada kualitas dan kuantitas ASI nantinya.

Itulah berbagai jenis buah yang perlu untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dalamnya, kesehatan tubuh pun akan selalu terjaga. Selain itu, jenis buah untuk ibu menyusui di atas tentunya akan sangat berguna dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ASI nantinya.

0 comments